Berita  

Menteri ATR/BPN ke Pesawaran, Kades Tamansari “Ngadu” Soal Polemik Lahan Masyarakat Adat Tanjung Kemala dengan PTPN 7 Way Berulu

Pesawaran Penamerah.co.id

Kepala Desa Taman Sari Kecamatan Gedongtataan Kabupaten Pesawaran,Fabian Jaya didampingi Safrudin Tanjung perwakilan dari masyarakat Gedongtataan ,menyerahkan secara langsung bukti dokumen prihal lahan perkebunan karet milik masyarakat yang ada di Tanjung Kemala yang diklaim milik PTPN 7 ,kepada Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto .

Dimana penyerahan bukti dokumen yang dipasilitasi Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona tersebut dilakukan di sela -sela usai Menteri ATR secara door to door membagikan Sertifikat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). di Desa Bumi Agung Kecamatan Tegineneng ,Kamis (26/10/2023).

“Alhamdulilah hari ini kita bisa bertemu langsung dengan bapak Mentri ATR .Yang mana ini merupakan momen penting bagi kami ,untuk menyampikan dukumen -dokumen surat tanah terkait permasalahan tanah masyarakat dan PTPN 7 kususnya ditanjung Kemala, dimana tadi sudah kita sampaikan sebagai tindak lanjut pertemuan kami dengan beliau sebelumnya di kantor Kementrian ART pada September 2021.”kata Fabian.

Fabian berharap dengan telah tersampaikannya secara langsung dokumen ke tangan Mentri ART tersebut permasalahan di PTPN Way Berulu secepatnya bisa terselesaikan .”Jadi harapan kami dengan sampainya dokumen tersebut ke Mentri permasalahan ini bisa secepatnya terselesaikan “harap Fabian.

Harapan yang sama juga diutarakan Safrudin Tanjung selaku perwakilan masyarakat Gedongtataan.Dirinya mengutarakan lambatnya penyelesaian permasalahan ini lantaran adanya sumbatan -sumbatan dari pihak-pihak terkait .

“Dengan bertemunya kami dengan pihak Mentri ini ,Saya kira ini bisa menjadi percepatan peyelsaian persoalan yang sedang terjadi saat ini.Harapan kami selalu pendamping masyarakat kepada pak Mentri agar dokumen yang diserahkan ini segera dipelajari dan segera ambil keputusan apa lagi permalahan ini sudah kita perjuangkan cukup lama”pinta Tanjung.

Sementara itu menanggapi apa yang di sampaikan Fabian Jaya ,Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto merespon baik atas apa yang dilaporkan tersebut “O iya ini terkait perosalan batas tanah yang masuk PTPN ,cari kan buktinya ,yang penting ada fakta hukumnya kita akan tindak lanjuti”ujarnya.(suf)