Berita  

Pimpin Apel Besar Polisi RW, Ini Amanat Kapolres Pesawaran

banner 120x600

PESAWARAN – Kapolres Pesawaran AKBP Pratomo Widodo, S.I.K, M.Si (Han) pimpin pergelaran Apel Besar Polisi RW Jajaran Polres Pesawaran tahun 2023 dilapangan Apel Polres Pesawaran pada hari Senin Pagi tanggal 29 Mei 2023, diikuti sebanyak 189 Polisi RW se-Kabupaten Pesawaran.

Adapun yang hadir diantaranya Waka Polres Pesawaran, PJU Polres Pesawaran, Para Kapolsek Jajaran, dan Perwakilan 20 ( Dua Puluh ) Kepala Dusun dari 4 Desa Kabupaten Pesawaran.

Dalam amanatnya Kapolres Pesawaran AKBP Pratomo Widodo, S.I.K, M.Si (Han) menyampaikan bahwa Baharkam Polri telah mengangkat program bernama Polisi RW yaitu petugas Polisi yang di tempatkan di wilayah Rukun Warga (RW) yang bertujuan menciptakan Harkamtibmas, mendekatkan anggota Polri dengan masyarakat serta memperkuat data Kepolisian tentang potensi ancaman keamanan sampai tingkat bawah.

“Konsep Polisi RW dapat dijelaskan untuk memungkinkan terjadinya interaksi dalam memecahkan masalah secara bersama dan saling mengembangkan sikap yang positif, memberikan kesempatan untuk saling memahami, membuka peluang untuk saling bekerja sama dalam mengendalikan masalah yang dihadapi” Ucap Pratomo.

Kepada 189 Polisi RW Polres Pesawaran, AKBP Pratomo Widodo, S.I.K, M.Si (Han) menjelaskan bahwa tugas-tugas mereka sebagai berikut :
1. Memulai interaksi yang konsisten dengan masyarakat untuk membangun citra Polri.
2. Mendengarkan, menerima dan berempati terhadap keluh kesah, keresahan keinginan dan harapan serta permasalahan RW.
3. Melaksanakan scanning terhadap kerawanan wilayah masing-masing.
4. Hadir, memperkenalkan diri, tukar menukar nomor handphone, dan gabung Whatsapp di RW setempat.
5. Bertugas minimal 1 minggu sekali turun ke RW dan melaporkan hasil kegiatan kepada Pimpinan.

Pada pelaksanaan Apel Gelar Polisi RW, Kapolres Pesawaran berharap Polisi RW turut aktif dalam menciptakan Harkamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah masing-masing menjelang Pemilu 2024..

Sebelum mengakhiri amanatnya, AKBP Pratomo Widodo, S.I.K, M.Si (Han) berharap agar Polisi RW dapat segera beradaptasi dan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya guna terciptanya Kamtibmas yang aman dan kondusif di Kabupaten Pesawaran serta Polri yang di cintai masyarakat.(sufiyawan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *