Berita  

Lanal Ketapang Menggelar Bakti Sosial Penyerahan Sembako dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis Kepada Masyarakat

banner 120x600

penamerah.co.id Ketapang-  Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ketapang menggelar Bakti Sosial (Baksos) berupa penyerahan sembako dan pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat Dusun Pulau Cempedak dalam acara peninjauan Kampung Bahari Nusantara (KBN) Lanal Ketapang di Dusun Pulau Cempedak, Desa Kendawangan kiri, Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Rabu(14/12)

Bakti sosial penyerahan sembako dan pemeriksaan kesehatan yang digelar kali ini, merupakan bagian dari program kerja Lanal Ketapang dalam rangka pemilihan Dusun Pulau Cempedak sebagai Kampung Bahari Nusantara Lanal Ketapang. Hal ini merupakan tindak lanjut dari perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., bahwa setiap Lantamal maupun Lanal harus memiliki desa binaan dan pembentukan KBN.

Pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan Video Conference bersama Wakil Kepala Staff Angkatan Laut tentang kesiapan Desa Binaan Dan Kampung Bahari Nusantara di seluruh Indonesia. Salah satu prioritas dalam program KBN pada kluster kesehatan yakni melibatkan tim Kesehatan Lanal Ketapang dalam usaha-usaha meningkatkan kesehatan masyarakat. Untuk itu, pada kegiatan tersebut disediakan pemeriksaan kesehatan umum dan pemeriksaan kesehatan secara gratis kepada masyarakat di sekitar Dusun Pulau Cempedak.

Diawali dengan penyambutan Danlanal Ketapang beserta rombongan dari masyarakat Dusun Pulau Cempedak. Setelah acara penyambutan kegiatan dilanjutkan dengan laporan dari ketua panitia Kampung Bahari Nusantara. Pjs. Paspotmar Lanal Ketapang Letda Laut (P) Heru Setiawan menyampaikan bahwa masyarakat Dusun Pulau Cempedak menyambut positif program-program kemaritiman dari pihak Lanal Ketapang terutama penetapan Dusun Pulau Cempedak menjadi Kampung Wisata Bahari oleh Lanal Ketapang.

Tentunya tidak mudah menetapkan Dusun Pulau Cempedak sebagai desa Binaan Lanal karena ada kriteria yang ditetapkan untuk menentukan dan menetapkan sebagai Kampung Bahari Nusantara. Ketua Pokdarwis Pulau Cempedak Bpk. Tono mewakili masyarakat Dusun Pulau Cempedak menyampaikan terima kasih karena dari sekian banyak Desa yang ada di Kabupaten Ketapang, Dusun Pulau Cempedak yang dipilih dan ditetapkan sebagai Kampung Bahari Nusantara.

Selain itu, Pjs. Paspotmar Lanal Ketapang juga menyampaikan tujuan pelaksanaan peresmian Kampung Bahari Nusantara adalah untuk mengajak masyarakat mencintai laut dan terus melestarikan ekosistem yang ada didalamnya. Sehingga kedepan diharapkan Dusun Pulau Cempedak menjadi salah satu Dusun atau Desa percontohan destinasi wisata kemaritiman yang ada di Kabupaten Ketapang.

Dalam sambutannya Danlanal Ketapang Letkol Laut (P) Bambang Nugroho, M. Tr. Opsla menyampaikan bahwa pemilihan Kampung Bahari Nusantara (KBN) yang berlokasi di

Dusun Pulau Cempedak ini karena Dusun Pulau Cempedak memiliki nelayan yang cukup banyak dan produktif serta memiliki potensi sumberdaya alam dan sumberdaya manusia yang cukup baik untuk dikembangkan dan dibina

“Dijadikannya Dusun Pulau Cempedak sebagai Kampung Bahari Nusantara Lanal Ketapang merupakan percontohan bagi seluruh Desa yang ada di wilayah Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang dalam rangka pengelolaan sumber daya kelautan dan pariwisata. Selain itu juga menjadi pilot project untuk kemudian dkembangkan ke desa lainnya serta dengan adanya program Kampung Bahari Nusantara diharapkan dapat mempercepat pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat maritim” ucap Danlanal.

“Wilayah ini termasuk wilayah yang strategis, sekaligus daerah-daerah rawan terkait permasalahan keamanan dan pertahanan negara. Oleh karenanya sangat perlu mendapatkan perhatian yang sangat besar, khususnya terkait pembangunan sumber daya manusia serta pembangunan ekonomi masyarakat dan keamanan.”

Beberapa program yang dilaksanakan dalam kegiatan pembangunan Kampung Bahari Nusantara Lanal Ketapang, lanjut Danlanal Ketapang, yakni meliputi renovasi Puskesdes, pembuatan Gapura KBN atau pintu masuk Kampung Bahari Nusantara.

“Diharapkan dengan adanya pemberdayaan pertahanan laut pesisir dan Kampung Bahari Nusantara dapat turut serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat untuk mendukung pemerintah dalam percepatan pembangunan. Khususnya di daerah Kepulauan seperti di Pulau Cempedak ini yang sulit dijangkau melalui program-program kemasyarakatan yang menitikberatkan pada upaya-upaya pembinaan dan pemberdayaan potensi nasional di bidang maritim,” jelasnya.

Pada kesempatan itu juga Danlanal Ketapang menyampaikan rasa bangga dan ucapan terima kasih atas antusiasme masyarakat terhadap kegiatan peninjauan KBN dan bakti sosial ini, juga semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya acara ini.

Danlanal Ketapang juga mengajak kepada seluruh komponen masyarakat untuk tidak berbuat sesuatu yang merusak potensi laut yang dengan melakukan pengeboman ikan, mengunakan racun dalam menangkap ikan yang dapat merusak kekayaan laut yang telah dianugerahkan Tuhan bagi masyarakat Dusun Pulau Cempedak”tutupnya.(sahadi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *