Berita  

Pembelajaan Bos Afirmasi Tahun 2020 di Kabupaten Empat Lawang diduga Tidak Sesuai Prosedur 

penamerah .co.id Empat Lawang -Penggunaan dana BOS afirmasi 4 ( Empat ) sekolah Negeri di Kabupaten Empat Lawang Provinsi Sumatera Selatan di duga bermasalah.

Pembelian barang dilakukan satuan pendidikan melalui aplikasi Sistem Informasi Pengadaan Sekolah (SIPLah) yang belum selesai di sistem.

“Jadi artinya, sekolah belum tuntas dalam menyelesaikan transaksi pembayaran pada aplikasi SIPLah.

Hasil percakapan via HP ke salah satu sekolah penerima bantuan bos afirmasi tahun 2020,sekolah sudah membayar secara tunai kepada pihak pengirim barang yang berinisial “S” sekolah di berikan kwitansi tulisan tangan /pembayaran diatas meja.

pembayaran secara tunai/ pembayaran di atas meja yg dilakukan pihak kepala sekolah tidak dibenarkan dalam proses transaksi Siplah yang telah di atur dalam Permendikbud no 14 tahun 2020.

Kami berharap kepada pihak inspektorat untuk menelaah SPJ pelaporan dalam hal penggunaan anggaran Bos Afirmasi tahun 2020.

Sekolah wajib membayar sesuai nomor Virtual account yang di keluarkan marketplace,bukan dibayar secara tunai/ pembayaran diatas meja.

Dugaan kami SPJ yg di berikan kepada sekolah bukan SPJ hasil dari sistem tetapi SPJ editan dan di buat sendiri oleh si penerima dana dari sekolah, bukti transaksi pembayaran setiap masing- masing sekolah harus lewat bank BRI sesuai no virtual account atas nama siplah Blibli yang di keluarkan secara digital oleh sistem.

Kami telah koordinasi lewat via HP ke direktur CV.khalesya nk prihal ini,dan pihak CV khalesya nk merasa di rugikan sebagai mitra SIPLAH.

Pihak CV khalesya tidak pernah memberikan surat tugas dengan siapa pun untuk menerima dana secara tunai dari pihak sekolah.

Pihak CV khalesya nk berharap sekolah segera menyelesaikan status pembayaran di sistem,apabila pihak sekolah tidak bisa menyelesaikan status tersebut, kami pihak CV Khalesya akan segera kirim surat ke pihak siplah Blibli dan Pusdatin ( pusat pengaduan dan tindakan ) PBJ Kemendikbud sesuai dengan prosedur.imbuhnya.(Tim)Jum’at 30/09/2022