Pengalaman Manis Anggota KPPS Saat Menggunakan Program JKN

Penamerah.co.id, Tanjungpinang – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan hadir untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Sebab, Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan saat ini selalu memberikan kemudahan bagi para peserta untuk mendapatkan layanan kesehatan yang terjangkau dan merata serta perlindungan finansial yang baik.

Banyak respon positif masyarakat yang memberikan testimoni positif mengenai Program JKN, antara lain pengalaman mereka dalam mendapatkan layanan kesehatan yang lebih mudah, praktis dan perlakuan yang setara.  Tidak heran bila program ini menjadi primadona baru karena manfaatnya terus dirasakan di tengah Masyarakat. Nur Septia Nanda (21), salah satu warga Kampung Bugis, Kota Tanjungpinang, mengaku telah menggunakan fasilitas Program JKN dari BPJS Kesehatan sejak tahun 2020 silam, saat saat petugas BPJS Kesehatan Melakukan kegiatan MCS Keliling dan membuka layanan pendaftaran untuk menjadi peserta BPJS kesehatan.

“Waktu itu sekitar tahun 2020, kebetulan ada petugas BPJS Kesehatan melakukan MCS Keliling dan tetangga saya menyarankan saya untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan. Ya banyak yang gunain acara itu buat daftar langsung jadi ,” kata Nanda Saat ditemui Oleh Tim BPJS Kesehatan.

Nanda yang juga merupakan anggota KPPS pada tanggal 14 Februari 2024 lalu, juga mengungkapkan dirinya merasa terbantu dengan adanya program JKN yang diluncurkan oleh BPJS Kesehatan tersebut. Dirinya mengungkapkan bahwa Ketika dirinya saat sedang bertugas menjadi anggota KPPS mengalami asam lambung dan langsung dilarikan ke Puskesmas.

“saya kan juga pada tanggal 14 itu menjadi anggota KPPS di tempat tinggal saya, kita kan juga tahu bahwa pada kegiatan pemilu itu proses nya tidak begitu mudah dan memerlukan tenaga yang cukup kuat dan fit. Pada waktu saya bertugas itu saya mengalami sakit asam lambung, Dimana saya itu tidak boleh telat makan. Jadi saya langsung dilarikan ke unit gawat darurat oleh rekan rekan saya yang bertugas menjadi anggota KPPS ,” katanya.

Nanda juga mengatakan kepada tim Jamkesnews bahwa selama ia dilayani dirumah sakit itu tidak ada diskriminasi dari pihak Puskesmas, dan dilayani secara layak seperti pasien-pasien umum yang lainnya.

“sewaktu saya menjalani pengobatan di Puskesmas pun saya dilayani dengan layak, dan tidak dibeda-bedakan. Saya diberikan pelayanan yang terbaik oleh petugas yang berjaga untuk medis di pemilu tahun ini.”lanjut nya.

Nanda juga mengungkapkan, kini dirinya mendapatkan layanan dengan lebih mudah dan praktis dirinya sejak dirinya menggunakan Aplikasi Mobile JKN pada tahun 2022 lalu. Menurutnya, meningkatnya pelayanan BPJS Kesehatan khususnya yang terbaru dapat memberikan kemudahan pasien dalam proses registrasi. Saat berobat, pasien juga diberikan layanan kesehatan dengan perlakuan yang setara.

“Sejak menggunakan Aplikasi Mobile JKN layanan kesehatannya lebih praktis. Hanya dengan menunjukan KTP bahkan NIK saja bisa langsung dilayani tanpa membawa berkas-berkas yang lain. Alhamdulillah banyak kemudahan yang diberikan kepada peserta apalagi sekarang apa-apa sudah menggunakan ponsel ya,” kata Nanda.

Nanda juga mengungkapkan, kepuasan terhadap pelayanan BPJS Kesehatan tersebut juga dirasakan oleh tetangganya yang juga sudah menggunakan Aplikasi Mobile JKN. Karenanya banya fitur-fitur yang memberi kemudahan bagi peserta, terbaru peserta dapat melakukan skrining Riwayat kesehatan melalui Aplikasi Mobile JKN.

“Tetangga saya juga pada pake BPJS, dan katanya sudah pada menggunakan Aplikasi Mobile JKN semua waktu daftarnya juga diajarkan menggunakan aplikasi oleh petugas di BPJS. Bagus dan mudah digunakan apalagi saat periksa skrining Riwayat kesehatan jadi kitab isa tahu dan antisipasi pola hidupnya,” tuturnya.

Nanda juga turut memberikan dukungan terhadap program tersebut. Ia berharap agar program tersebut bisa terus hadir dan kualitas pelayanan kesehatan tetap dapat dipertahankan bahkan di tingkatkan, karena manfaatnya benar nyata dirasakan dirinya dan sanak saudara yang sudah puas dengan manfaat Program JKN.

Sebagai informasi, saat ini layananan pada Aplikasi Mobile JKN cukup lengkap seperti fitur untuk cek fasilitas kesehatan, perpindahan fasilitas kesehatan serta cek skrining Riwayat kesehatan. Pemilik gawai berjenis Android maupun IOS bisa dengan mudah mendaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan dengan mengunduh aplikasi tersebut tanpa biaya. Apabila terdapat pertanyaan, peserta bisa juga akses layanan CHIKA dari BPJS Kesehatan. Layanan ini bisa dihubungi dengan chat via Whatsapp ke nomor 08118750400. (*)