Berita  

Salurkan BLT-DD Tahap IV, Ini Harapan Kades Telaga Baru

Poto: Pemdes Telaga Baru

banner 120x600

MERANTI – Pemerintah Desa Telaga Baru Kecamatan Rangsang Barat Kabupaten Kepulauan Meranti kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahun 2022, yaitu di Tahap IV, untuk bulan Oktober, November dan Desember.

Selain Kepala Desa Telaga Baru, tampak hadir dalam kegiatan yang dipusatkan di Kantor Desa Telaga Baru tersebut, Sekretaris Camat Rangsang Barat Jefri S.Ip, Staf Kasi PMD Kecamatan Rangsang Barat Helman Subri, Ketua BPD Desa Telaga Baru Ahmad Hambali SE dan seluruh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) sedesa Telaga Baru tahun 2022.

Dalam sambutannya, Kepala Desa (Kades) Noeradi berharap, dengan adanya bantuan yang bersumber dari Dana Desa ini dapat membantu meringankan beban keluarga penerima manfaat dan hendaknya dapat digunakan dengan sebaik-baiknya, sehingga bisa sedikit membantu meringankan beban kebutuhan para KPM.

“Bantuan langsung tunai melalui dana desa (BLT-DD) adalah salah satu bantuan yang diberikan dalam upaya menekan dampak pandemi Covid-19 bagi warga yang kurang mampu dan belum menerima bantuan social lainnya, untuk itu saya berharap dana ini dapat dipergunakan dengan sebaik mungkin, sehingga bisa membantu perekonomian keluarga penerima manfaat”. Kata Kades. Rabu (7/12/2022).

Selain itu Kades juga menjelaskan, bahwa penyaluran tahap IV ini merupakan penyaluran terakhir pada tahun 2022, dengan jumlah uang sebesar Rp. 300.000 perbulan, yang disalurkan untuk bulan Oktober November dan Desember.

“Untuk tahun 2023, BLT-DD masih tetap ada, namun kriteria penerima manfaatnya tidak lagi dalam upaya menekan dampak pandemi Covid-19 bagi warga yang kurang mampu, tapi lebih menitikberatkan pada kemiskinan ekstrem, yaitu akan diberikan kepada; Keluarga miskin yang berdomisili didesa besangkutan dan diutamakan untuk keluarga miskin ekstrem, keluarga yang terdapat anggota keluarga rentansakit menahun/kronis, keluarga dengan anggota rumah tangga tunggal lanjut usia dan keluarga yang terdapat anggota keluarga difabel”. Ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Camat Rangsang Barat, Jefri S.Ip dalam sambutannya mengharapkan segala bentuk bantuan dari pemerintah kepada masyarakat dapat terus disalurkan, baik itu bantuan langsung tunai maupun bantuan-bantuan sosial lainnya, karena hal itu dapat mengurangi angka kemiskinan ekstrem yang tengah diupayakan penekanannya.

“Kita berharap bantuan-bantuan dari pemerintah kepada masyarakat terus tersalurkan, bahkan kita juga berharap kriteria penerima manfaat juga dibuka lebih luas lagi, sehingga penekanan terhadap penambahan angka keluarga miskin segera dapat di atasi. Pungkas Jefri. **(Ibrahim).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *